Corona Bikin Google Classroom Jadi Aplikasi Terpopuler

Corona Bikin Google Classroom Jadi Aplikasi Terpopuler

Di tengah pandemi corona dan himbauan dari pemerintah agar semua orang tetap di rumah saja, bukan berarti kegiatan belajar mengajar berhenti sepenuhnya. Ada banyak cara yang bisa digunakan agar guru tetap bisa mengajar dan siswa bisa tetap belajar. Selain menggunakan metode video conference untuk jumlah kelas yang lebih kecil, Anda juga bisa memakai Google Classroom yang lebih familiar untuk siswa dengan jumlah lebih besar. Google Classroom kini menjadi pilihan yang paling populer untuk menjembatani guru dan siswa khususnya bagi siswa kelas Sekolah Dasar hingga Sekolah Atas.

Google classroom merupakan aplikasi yang bisa digunakan secara gratis bagi siapa saja dengan tujuan untuk membentuk kelas virtual dimana seseorang bisa membagikan dokumen atau tugas hingga memberikan komentar atau pertanyaan pada satu waktu yang sama. Google Classroom juga memungkinkan memiliki jumlah peserta yang cukup banyak sehingga bisa dipakai untuk menggantikan kelas sebenarnya dimana guru bisa memberikan tugas secara tidak langsung dan murid bisa langsung mengerjakannya di waktu tersebut. Untuk bisa menggunakan layanan ini caranya sangat mudah dimana Anda hanya perlu membuka aplikasinya baik di smartphone maupun di laptop. Guru dapat mengundang siswanya atau membagikan kode unik agar para siswa bisa masuk untuk mengikuti kelas virtual.

Dengan Google Classroom, baik guru maupun siswa bisa menghemat waktu untuk mendapatkan tugas dan mengerjakannya. Guru dapat langsung membagikan tugas dan murid tidak perlu mendownload lagi karena bisa langsung dilihat di kelas virtual. Siswa bisa langsung mengerjakan atau disesuaikan dengan waktu luangnya asalkan tidak melebihi deadline yang diberikan. Setelah selesai mengerjakan, maka guru bisa langsung mengoreksi secara online dan memberikan nilai yang juga bisa langsung diketahui siswa. Konsep ini akan menghemat bukan hanya waktu namun juga sarana belajar seperti buku dan kertas.

Bukan hanya sarana mengerjakan tugas yang dibuat secara virtual saja, Google Classroom juga memungkinkan adanya interaksi bagi para siswa maupun guru dengan siswa. Guru dapat membuka forum diskusi mengenai topik tertentu atau mengenai tugas yang baru saja diberikan. Siswa bisa bertanya kepada guru atau berkomunikasi dengan siswa lainnya. dengan begitu Google Classroom memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara guru dengan murid, murid dengan murid maupun guru dengan guru lainnya.

Kelebihan lainnya dari Google Classroom adalah adanya sistem penyimpanan yang memudahkan semua tugas bisa dicari hingga disimpan. Dengan begitu murid bisa menggunakannya untuk sarana belajar tanpa perlu mencari-cari di buku. Bukan hanya tugas namun juga nilai yang diberikan oleh guru, semua tersimpan dan dapat diakses di satu folder yang telah ditentukan sebelumnya. Google Classroom memiliki sumber daya yang tepat untuk membagi file secara cepat yang memungkinkan para siswa untuk menerima tugasnya secara bersamaan.

Bagi Anda seorang guru yang masih bingung bagaimana cara mengajar para anak didik di tengah pandemi corona, jangan tunggu lama untuk mulai menggunakan Google Classroom yang kini menjadi aplikasi paling populer untuk kebutuhan belajar mengajar. Anda bisa menggunakannya secara gratis dan mengundang para siswa untuk mengikuti dari rumah saja. Dengan begitu Anda tetap bisa memantau sistem belajar anak didik dan memberikan materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Cari aplikasinya di Play Store dan di internet untuk bisa langsung menggunakannya bersama dengan murid-murid dan guru yang ingin Anda ajak untuk belajar bersama.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield