Cara Menggunakan Kartu Kredit yang Bijak

Cara Menggunakan Kartu Kredit yang Bijak

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini, apalagi dengan tawaran kemudahan dan juga keamanannya. Anda tidak perlu lagi repot-repot membawa banyak uang untuk kebutuhan membayar sesuatu, cukup dengan menggesekkan kartu kredit saja maka semuanya sudah terbayar. Hanya saja nantinya tetap akan dikenai dengan tagihan sesuai dengan pemakaiannya ditambah lagi dengan disertai adanya bunga. Karena kemudahan yang ditawarkan inilah sering kali banyak pemakai kredit card yang tidak sadar akan pemakaiannya, sehingga menjadi boros.

Apalagi untuk mereka yang memiliki nilai limit kartu kredit yang cukup besar, maka kerap kali tanpa sadar menggunakannya secara berlebihan. Padahal sebenarnya kartu yang satu ini adalah jenis kartu hutang, semakin sering digunakan, maka akan semakin banyak tagihan bulanan nantinya, ditambah lagi dengan adanya suku bunga, tentunya akan terasa semakin berat bukan, jika seandainya Anda tidak selektif di dalam pemakaiannya. Untuk itulah bagi para pemula yang tidak ingin terjebak dengan utang kartu kredit, maka harus bijak di dalam pemakaiannya. Berikut ini diantara tips yang harus Anda terapkan, yaitu:

  1. Tetaplah belanja sesuai dengan rencana Anda, artinya ada baiknya untuk membuat anggaran pengeluaran atau daftar belanja terlebih dahulu. Catat sekiranya apa sajakah yang memang Anda butuhkan. Sehingga nantinya apa yang dibeli tersebut juga tidak akan melebar kemana-mana. Sesuai dengan penganggaran yang memang sudah Anda buat sebelumnya. Lebih fokus dan nantinya Anda juga tidak akan terjebak dengan lapar mata.
  2. Sebisa mungkin hindari tarik tunai dari kartu kredit, faktanya kartu hutang ini juga dapat dipakai untuk kebutuhan tarik tunai. Sesuai dengan nilai limit yang dibelikan, hanya saja memang tidak disarankan kecuali memang dalam kondisi yang benar-benar membutuhkan dana darurat. Mengingat jika seandainya Anda tarik tunai dari kartu kredit ini maka nilai dendanya juga tidak dapat dikatakan kecil, dengan bunga sekitar 4 hingga 5 persen dari total penarikan tentunya akan sangat membebani Anda bukan.
  3. Sebisa mungkin abaikan tawaran merchant, nyatanya memang ada banyak sekali tawaran menarik dari merchant pada pengguna kartu kredit, sehingga nantinya membuat Anda belanja lebih banyak tanpa disadari. Jika memang tidak diperlukan maka ada baiknya untuk mengabaikannya, sehingga nantinya keuangan yang ada di dalam kartu kredit juga tetap aman.
  4. Jangan terlalu sering membawa kartu kredit saat berbelanja, hendaknya jangan selalu menggunakan kartu kredit untuk membayar kebutuhan atau hal-hal yang nilai tagihannya kecil, karena semakin sering digunakan maka Anda juga akan dikenai dengan bunga dengan jumlah yang kian besar. Untuk itu lebih selektif dalam pemakaiannya untuk membayar sesuatu. Jadi jangan terlalu sering membawanya.
  5. Manfaatkan untuk berhemat, seperti diantaranya ada banyak sekali tawaran promo, dimana jika membeli produk tertentu dengan pembayaran lewat kartu kredit maka akan dapatkan diskon atau potongan harga. Maka Anda dapat memanfaatkan kartu tersebut untuk transaksi semacam ini yang memang lebih menguntungkan.
  6. Cek kembali tagihan yang masuk kepada Anda dalam pemakaian kartu kredit ini dan sebisa mungkin maka bayarlah tagihan tersebut secara penuh. Karena jika seandainya tidak segera dilunasi secara penuh maka kemungkinan besar Anda akan terkena denda lagi.

Bijak di dalam pemakaiannya maka Anda akan bisa merasakan lebih banyak manfaatnya dibandingkan dengan kerugian.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield