Cara Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop Windows 10

Cara Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop Windows 10

Ketika ingin mengecek spesifikasi dari perangkat yang dipunyai ada cara mudah yang bisa dilakukan. Dimana hal pertama yang perlu diketahui adalah jenis program yang Anda punyai seperti misalnya apabila menggunakan Windows 10 maka hal tersebut juga penting untuk diperhatikan agar bisa mendapatkan cara pengecekan yang tepat. Hal tersebut akan berguna karena dengan mengetahui spesifikasi yang dipunyai perangkat yang dimiliki akan memudahkan apabila ingin melakukan banyak hal. Mulai dari melakukan upgrade pada komponen yang ada di komputer, bisa memilih aplikasi yang tepat dan kompatibel untuk perangkat Anda, dan juga dapat untuk mengatur program yang dipunyai agar dapat mempunyai perangkat yang lancar ketika digunakan. Adapun bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10 dapat untuk melakukan pengecekan spesifikasi laptop atau komputer yang dipunyai dengan mudah dengan langkah seperti berikut ini:

  1. About your PC

Pengecekan pertama yang dapat dilakukan adalah mengenai informasi perangkat secara umum. Dimana hal tersebut dapat dilakukan via About your PC yang bisa Anda temukan di perangkat yang dipunyai. Cara untuk melakukan pengecekan ini juga sangat mudah yaitu dengan mengetikkan kata kunci dari fitur tersebut yaitu “About your PC”. Lakukan pengetikan tersebut di menu start dan kemudian tinggal menekan tombol enter. Untuk mengetahui bagian umum ini ada pada Device Specifications yang akan memberikan informasi mengenai nama komputer, prosesor, RAM, dan lainnya.

2. System information

Hal selanjutnya yang bisa Anda cek di komputer atau laptop Anda adalah mengenai sistem informasinya. Fitur ini akan memberikan yang Anda butuhkan lebih rinci. Adapun untuk mengaksesnya juga mempunyai cara yang sama yaitu dengan menggunakan keyword “System information” pada menu start di perangkat dan kemudian tinggal menekan tombol enter. Selanjutnya perangkat Anda akan menunjukkan spesifikasi komputer yang Anda ingin ketahui mulai dari komponen komputer, model bios, dan masih banyak informasi rinci dari perangkat lainnya.

3. Command Prompt

Cara pengecekan selanjutnya adalah fitur Command Prompt yang ada di komputer atau laptop. Menu ini dapat untuk melihat spesifikasi perangkat. Caranya adalah dengan menggunakan kata kunci command prompt yang ada di menu Start pada perangkat, klik kanan di pilihan program Command Prompt, dan kemudian pilih menu Run as administrator. Selanjutnya Anda bisa memasukkan perintah systeminfo dan kemudian bisa menekan tombol enter pada keyboard. Setelahnya akan muncul CMD yang menampilkan informasi mengenai spesifikasi komputer dari memori, bios, RAM, model komputer, sistem, dan banyak informasi lainnya.

4. PowerShell

Cara pengecekan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dari PowerShell yang ada di Windows 10. Pada menu ini Anda akan bisa mendapatkan informasi mengenai spesifikasi komputer yang dipunyai. Akan tetapi berbeda dengan Command Prompt, menu PowerShell ini akan dapat mempunyai informasi lebih rinci karena mempunyai bahasa pemrograman. Adapun cara untuk mengakses fitur ini adalah sebagai berikut ini:

  • Pertama adalah Anda bisa untuk memasukkan kata kunci powershell yang ada di menu start seperti pada langkah sebelumnya.
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield