Cara Hemat Budget Saat Travelling

cara hemat budget saat travelling

Cara Hemat Budget Saat Travelling


Moment liburan adalah saat yang paling dinantikan oleh para pegawai atau bahkan anak sekolahan, karena artinya mereka bisa menghabiskan waktu bersantai bersama dengan anggota keluarga tercinta di rumah, atau bahkan jika beruntung bisa melakukan perjalanan wisata yang menyenangkan. Memang tak ada salahnya untuk mulai merencanakan perjalanan wisata mulai dari sekarang, apalagi ini sudah masuk pada akhir tahun, dimana artinya ada banyak sekali hari libur yang menanti di depan mata.

Tak harus liburan ke luar negeri, faktanya ada banyak sekali destinasi wisata di dalam negeri yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Hanya saja tetap dengan pertimbangan keamanan, mengingat tidak bisa dipungkiri jika belakangan ini Indonesia memang sering kali dilanda oleh bencana alam, mulai diantaranya adalah gempa bumi, gunung meletus sampai dengan bencana alam tsunami. Untuk itu harus pintar-pintar dalam menentukan tempat wisata manakah yang harus dituju.

Tidak punya banyak uang untuk melakukan perjalanan tersebut? Jangan khawatir karena travelling sebenarnya tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Anda masih tetap bisa melakukan perjalanan menyenangkan dengan budget yang terbatas sekalipun. Berikut ini diantaranya ada beberapa tips bagi travelers yang ingin liburan, namun tetap hemat, sehingga awal tahun nantinya tak perlu takut keuangan akan menipis atau bahkan habis hanya untuk liburan akhir tahun, diantaranya adalah:

  1. Carilah promo tiket perjalanan, tidak bisa dipungkiri jika seandainya biaya perjalanan termasuk yang cukup menguras budget, apalagi jika seandainya lokasi yang dituju tersebut jauh dari tempat tinggal Anda. Untuk itu alangkah baiknya jika mulai sekarang cari-cari promo tiket, baik itu pesawat atau mungkin kereta. Tak sedikit maskapai yang memberikan tawaran istimewa untuk Anda.
  2. Manfaatkan sanak saudara atau teman yang tinggal di daerah tempat wisata tersebut, tak jarang mungkin bagi Anda yang memang memiliki kerabat dekat di tempat tujuan wisata, sehingga nantinya untuk tempat tinggal bisa memanfaatkannya, tidak perlu menyewa hotel atau penginapan, hal ini cukup efektif mengurangi biaya akomodasi. Namun bagi yang tidak memiliki sanak saudara juga bukan masalah, agaknya tetap bisa menginap di hotel atau penginapan, namun carilah yang tawaran harganya murah, banyak yang memberikan promo di moment-moment tertentu.
  3. Ajak teman atau saudara, istilahnya adalah melakukan perjalanan rombongan, ini bisa jadi pilihan yang tepat, karena jatuhnya akan jauh lebih hemat. Seperti diantaranya adalah dengan menyewa kendaraan bersama, begitu pula untuk penginapan nantinya satu kamar bisa dihuni oleh beberapa orang, sehingga jatuhnya pengeluaran semakin kecil.
  4. Siapkan perbekalan secara lengkap, untuk hemat biaya maka bekal adalah hal yang sangat penting untuk dibawa, misalnya untuk air minum nantinya cukup bawa botolnya, banyak yang menyediakan air minum gratis, tinggal isi saja, begitu pula makanan bisa membawa beberapa produk instan, sehingga tidak perlu membeli lagi.
  5. Manfaatkan kartu kredit yang dimiliki, kartu kredit ini nyatanya bisa jadi sangat menghemat pengeluaran, contohnya ketika ada promo pembelian tiket, menginap di hotel atau sejenisnya dengan pembayaran menggunakan credit card dari bank-bank tertentu, maka bisa dimanfaatkan.
  6. Makan di pinggir jalan dan beli oleh-oleh di pasar tradisional dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik, namun juga harus pintar-pintar dalam menawar untuk membeli sesuatu di pasar tradisional agar tidak tertipu.

Mudah bukan, dapat langsung dicoba untuk liburan kali ini.

Baca disini : Solo travelling vs Group travelling

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield