Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud untuk Nomor Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri

Cara Cek Kuota Belajar Kemendikbud untuk Nomor Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri

Efek dari pandemi yang berkepanjangan dirasakan semua sektor yang ada di Indonesia. Dampak tersebut dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk juga untuk siswa sekolah. Seperti pada umumnya program Work From Home, siswa sekolah juga libur berangkat sekolah dan bisa belajar di rumah. Dimana salah satu solusi yang digunakan adalah dengan belajar secara online, sehingga guru dapat menerangkan pelajar melalui aplikasi ke muridnya. Walaupun kurang efektif baik dari segi teknologi, jangkauan, hingga juga dana akan tetapi hal ini masih menjadi solusi umum yang digunakan oleh banyak sekolah.

Untuk mendukung belajar online dari rumah tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud juga turut membantu dengan memberikan subsidi kepada siswa. Kemendikbud memberikan subsidi kuota internet yang dapat digunakan untuk belajar baik pada pelajar, mahasiswa, dan juga tenaga pendidik. Kuota tersebut diberikan pada akhir September dan dapat digunakan untuk membantu kelancaran belajar online yang dilakukan selama pandemi. Program ini dilaksanakan dengan bantuan dan kerjasama dari Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia atau ATSI. Dimana bantuan kuota ini akan dilakukan selama empat bulan dari bulan September hingga Desember 2020.

Subsidi kuota ini diharapkan dapat melancarkan proses belajar di rumah untuk para siswa dan juga tenaga pendidikan. Dimana kuota tersebut bisa untuk digunakan untuk mengakses berbagai situs pendidikan. Seperti dapat digunakan untuk mengakses Ruangguru, Google Meet yang biasanya digunakan untuk konferensi video, Zoom, dan juga berbagai situs lainnya. Anda bisa untuk melihat situs lengkap yang bisa menikmati subsidi kuota yang diberikan untuk berbagai jenjang dan provider telekomunikasi yang digunakan.

Dimana untuk besaran kuota yang bisa didapatkan nantinya akan dibedakan dari jenjang pendidikan yang dipunyai. Untuk pembagiannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Untuk jenjang pendidikan PAUD akan mendapatkan jatah kuota 20 GB. Dimana pembagiannya adalah 15 GB kuota untuk belajar dan 5 GB kuota umum. Jumlah kuota tersebut merupakan kuota perbulan yang akan didapatkan selama 4 bulan.
  2. Untuk jenjang pendidikan SD dan SMP akan mendapatkan kuota 35 GB perbulan. Dimana untuk kuota belajarnya adalah 30 GB, sedangkan kuota umum mendapatkan 5 GB.
  3. Untuk jenjang PAUD, pendidikan dasar dan menengah mendapatkan kuota 42 GB per bulan.
  4. Untuk dosen dan mahasiswa mendapatkan kuota 50 GB per bulan. Dimana untuk kuota belajarnya adalah 45 GB dan kuota umum 5 GB.

Mendapatkan kuota tersebut tentunya juga mudah untuk pelajar dan tenaga pendidik. Dimana untuk syarat utamanya adalah mempunyai nomor yang terdaftar di Dapodik. Adapun untuk pendaftaran tersebut juga telah dikoordinasi oleh sekolah atau kampus masing-masing. Oleh karena itulah Anda bisa untuk melakukan koordinasi dengan kampus dan sekolah untuk mendapatkan kuota yang dibutuhkan.

Bantuan kuota tersebut dapat dinikmati oleh berbagai provider yang cara pengecekannya adalah sebagai berikut ini:

  • Untuk yang menggunakan nomor Telkomsel Simpati, Loop, By.U, dan juga Kartu AS bisa mengeceknya di *888# atau aplikasi My Telkomsel.
  • Untuk pengguna nomor Tri bisa untuk mengecek subsidi kuota di *123*10*3#. Selain itu juga bisa melakukan pengecekan mudah lewat Bima+ untuk mengetahui sisa kuota yang dipunyai.
  • Untuk pengguna XL Axiata dan Axis bisa melakukan pengecekan di *123# dan myXL atau AxisNet.
  • Untuk pengguna Indosat Ooredoo bisa mengeceknya di *123I*075# dan menekan nomor 1 atau di aplikasi MyIM3.
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield