Cara Cas Hp dan Laptop yang Baik

cara cas hp dan laptop terbaik

Cara Cas Hp dan Laptop yang Baik

Bagaimana menjaga daya tahan baterai hp dan laptop?

Baterai merupakan komponen yang vital pada sebuah laptop maupun smartphone, tidak sedikit kasus mengenai baterai muncul akibat penggunaan atau perawatan yang tidak baik. Bisa dikatakan baterai menjadi tulang punggung baik dari laptop maupun HP, tanpa adanya baterai tentu tidak bisa lagi dapat digunakan dengan baik. Karena hal itulah yang membuat hampir kebanyakan orang ketika membeli smartphone ataupun laptop sering memperhatikan kapasitas dari baterai. Jangan sampai tidak awet dan sering habis, hal bukan saja mengganggu aktivitas tetapi juga merepotkan.

Kemajuan teknologi juga membawa banyak sekali perubahan, terutama pada jenis baterai yang dibekali pada HP maupun pada laptop. Kapasitas besar menjadi salah satu andalan, tetapi yang lebih sering didengungkan saat ini adalah kemampuan pengisian cepat atau fast charging. Tujuannya sama supaya laptop ataupun smartphone tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama lagi. Tetapi sebenarnya ini bukanlah hal itu, sebuah baterai yang awet itu bukan hanya kapasitas yang besar tetapi ada beberapa faktor lain.

Meskipun sebuah baterai berkapasitas besar tetapi ketika perawatan saat charger tidak tepat tentu tidak akan bertahan lama saat digunakan. Makanya itu, penting sekali untuk memperhatikan bagaimana kebiasaan Anda melakukan pengisian baterai. Apakah sudah tepat atau ada beberapa hal yang mengalami kesalahan. Nah, berikut ini ada beberapa cara charger yang dapat Anda lakukan dengan benar dan membuat baterai lebih awet yaitu:

1.Gunakan charger asli.

Ini merupakan hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu menggunakan charger asli bawaan ponsel ataupun laptop. Hal ini sering sekali tidak diperhatikan oleh masyarakat, apalagi ketika kondisi darurat dan tidak membawa charger. Karena perbedaan merk ataupun yang lainnya sering menjadikan masalah.

2.Ngecas saat baterai benar-benar habis.

Pengisian baterai yang baik selanjutnya adalah melakukan pengisian baterai sebelum baterai benar-benar habis. Ini merupakan hal yang dapat mengurangi umur dari baterai, jangan biarkan laptop ataupun handphone Anda mati karena kehabisan baterai. Segera lakukan pengisian ketika daya masih kisaran 20% sampai 40%.

3.Mengatur kontras layar.

Jika Anda melakukan pengisian baterai, lebih baiknya untuk mengatur kontras dari layar ponsel maupun laptop. Karena layar yang terlalu cerah ataupun terang itu akan memakan lebih banyak baterai sehingga boros. Dengan kontras yang baik pasti proses pengecasan juga akan berjalan lebih baik.

4.Gunakan baterai original.

Jika memang sudah muncul kerusakan pada baterai yang Anda gunakan, jangan sembarangan memilih ganti. Ini merupakan salah satu hal yang salah, pilihlah baterai yang benar original dengan kualitas terbaik.

5. Tutup aplikasi.

Dan terakhir yaitu segera untuk menutup aplikasi yang tidak penting atau tidak digunakan lagi karena dapat menyedot daya lebih banyak. Hal ini bukan hanya berlaku pada ponsel saja tetapi justru pada laptop juga mempunyai masalah yang sama. Jangan sesekali membuka jika memang tidak digunakan untuk kegiatan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda contoh untuk membuat kondisi dari baterai lebih baik dan lebih awet seperti biasanya. Jika memang sudah terlalu sering melakukan kebiasaan buruk yang dapat membuat baterai Anda menurun, sebaiknya segera perbaiki. Karena meskipun baterai baru, tetapi kebiasaan salah tetap dilakukan itu tidak menjadi solusi. Semoga dengan beberapa tips diatas dapat membantu Anda dalam masalah baterai pada laptop ataupun handphone agar lebih awet.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield