BPJS Kesehatan Keblokir Karena Telat Bayar? Ini Solusinya!

pindah kelas bpjs kesehatan

BPJS Kesehatan Keblokir Karena Telat Bayar? Ini Solusinya!

Kesehatan adalah salah satu elemen terpenting dalam hidup manusia. Bila badan sehat tentu akan sangat mudah bagi manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah menerapkan pola hidup sehat lewat beberapa cara seperti makan makanan yang seimbang seperti buah dan sayuran, hindari junk food, tidur cukup dan olah raga setiap hari.

Dengan berbagai langkah-langkah di atas sudah dapat dipastikan hidup Anda akan menjadi lebih sehat. Namun ada satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu meski Anda sudah menerapkan hidup sehat, namun Anda juga masih perlu untuk melakukan medical checkup atau tes kesehatan. Medical checkup yang dilakukan secara menyeluruh memang menghabiskan biaya yang cukup mahal maka salah satu jalan yang bisa Anda tempuh adalah dengan ikut sebuah asuransi salah satunya adalah BPJS.

Apabila saat ini Anda sudah menjadi anggota BPJS, maka sudah tidak heran lagi bila Anda akan dikenakan biaya iuran untuk setiap bulannya. Namun terkadang ada beberapa orang yang tidak membayar tanggungan iuran BPJS nya dan menjadikan kartunya terblokir serta tidak bisa digunakan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan apabila BPJS Kesehatan Anda terblokir karena telat bayar:

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melunasi uang tunggakan yang seharusnya Anda bayarkan. Dengan melunasi uang tunggakan tersebut otomatis Anda pasti akan bisa mengaktifkan kartu Anda kembali.
  2. Apabila Anda sudah melunasi tunggakan Anda, kartu Anda akan aktif kembali dan sebisa mungkin hindari telat pembayaran sehingga kartu tidak terblokir kembali.

Di atas adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan kembali saat kartu BPJS Kesehatan Anda terblokir karena telat melakukan pembayaran. Perlu Anda ketahui bahwa pihak BPJS tidak akan melakukan pemblokiran apabila Anda tidak menunggak selama lebih dari 3 bulan. BPJS merupakan salah satu solusi pemerintah sehingga semua rakyat mendapatkan jaminan kesehatan yang lebih baik. Pada dasarnya BPJS memang ditujukan untuk masyarakat Indonesia yang tidak mampu. Oleh karena itu, meskipun Anda mempunyai tunggakan di BPJS Anda tidak akan dikeluarkan dari keanggotaan BPJS. Hanya saja kartu Anda akan dinonaktifkan untuk sementara waktu.

Saat ini tingkat kesadaran masyarakat dalam bidang kesehatan memang telah menunjukkan angka peningkatan. Maka dari itu tidak heran, bila saat ini jumlah keanggotaan BPJS Kesehatan juga semakin meningkat setiap tahunya. Untuk masalah yang terkait dengan keterlambatan pembayaran iuran setiap bulannya, pihak BPJS memang telah memberikan ketentuan yang sesuai undang-undang yaitu sanksi bagi anggota BPJS yang telat melakukan pembayaran saat akan melunasi akan dikenakan bunga sebesar 2 % namun beda dengan yang sudah telah sampai 3 bulan, maka keanggotaan akan di blokir untuk sementara waktu.

Bagi Anda yang saat ini aktif menjadi anggota BPJS Kesehatan, maka sebisa mungkin untuk taat dan selalu tepat waktu dalam melakukan pembayaran setiap bulannya sehingga tanggungan iuran tidak menumpuk dan nantinya akan memberatkan Anda sendiri. Untuk proses pembayaran BPJS Kesehatan dapat dilakukan di berbagai tempat Anda bisa datang ke minimarket, kantor pos atau Anda juga bisa membayarnya dengan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan. Selain itu Anda juga bisa melakukan pembayaran lewat atm.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield