Bijak Dalam Bersosial Media

Bijak Dalam Bersosial Media

Bagi sebagian besar orang keberadaan media sosial memang membuat mereka menjadi semakin eksis menunjukkan jati dirinya. Bahkan tak jarang diantaranya yang bisa mendapatkan keuntungan dengan kehadiran jejaring sosial ini, seperti diantaranya adalah dengan menjalankan sebuah usaha, hingga memiliki omzet yang begitu fantastis, berbekal medsos yang dimiliki tersebut. Hanya saja juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya sebagian orang merasa media sosial ini membuat mereka jadi semakin toxic, melihat banyak orang yang pamer di akun jejaring sosial mereka, mau tidak mau membuatnya iri hati atau ingin ikut serta padahal tidak diimbangi dengan kondisi ekonomi yang dimiliki.

Bahkan untuk anak muda hal ini sering kali membuat mereka memiliki dunia sendiri, terlalu banyak menghabiskan waktu dengan media sosialnya sehingga melupakan kehidupan nyatanya. Bahkan tidak bisa lepas dari perangkat teknologi yaitu smartphonennya. Tentunya jadi kurang baik untuk diri mereka di masa mendatang bukan. Untuk itulah maka berikut ini diantaranya beberapa upaya yang bisa Anda lakukan agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial, yaitu:

  1. Filter pertemanan, cobalah untuk memilah-milih teman secara bijak, jangan asal menerima siapa saja untuk berteman dengan Anda, apalagi tak jarang diantaranya adalah orang-orang yang toxic atau membawa pengaruh buruk, ada baiknya untuk mengaktifkan mode private pada akun jejaring sosial yang dimiliki, sehingga tidak semua orang bisa mengikuti Anda, melainkan hanya orang-orang yang diizinkan saja.
  2. Pasanglah foto profil sewajarnya, artinya tidak perlu banyak menggunakan efek edit atau dengan memasang foto yang tampak begitu vulgar untuk menarik perhatian orang lain. Karena bisa saja nantinya orang yang tidak bertanggungjawab akan menyalahgunakan foto tersebut.
  3. Jangan asal membuat status, sebelum memutuskan untuk membuat postingan, maka pikir baik-baik, mulai dari gambar yang akan dipasang tersebut apakah benar-benar layak, kemudian juga jika melihat dari captionnya, apakah akan menyinggung salah satu pihak atau tidak. Mengingat bagaimanapun sekarang ini tak jarang beberapa orang yang berurusan dengan hukum dikarenakan oleh status yang dibuatnya di media sosial.
  4. Batasi waktu bermain media sosial. Ingat bahwa Anda juga memiliki kehidupan di dunia nyata selain yang ada di dunia maya tersebut, untuk itu hendaknya jangan hanya terpaku dengan jejaring sosial yang dimiliki. Hal ini akan membuat Anda sulit beradaptasi dengan lingkungan yang nyata, bahkan memunculkan sifat individualistik.
  5. Publish informasi seadanya, hindari untuk memberikan informasi yang terlalu lengkap di media sosial Anda, bagaimanapun sekarang ini tindak kejahatan lewat bisa disebabkan karena kesalahan sendiri dengan memberikan peluang bagi pelakunya, seperti menuliskan alamat rumah yang lengkap ataupun juga lokasi Anda saat ini.
  6. Bijak dalam membagikan konten, pilah-pilih informasi yang bermanfaat dan memang layak untuk dibagikan. Apalagi jika seandainya konten tersebut bukan milik Anda sendiri, maka ada baiknya untuk mencantumkan sumber atau pemilik, hal ini berkenaan dengan resiko plagiarism yang bisa saja kelak membuat Anda dituntut oleh pemiliknya secara langsung.

Plus minus dalam menggunakan media sosial sudah pasti ada. agar tidak ketinggalan zaman pada dasarnya memang tidak salah jika seandainya Anda ikut serta dalam memanfaatkan media sosial tersebut, namun sebijaknya saja, jangan berlebihan hingga bisa memicu masalah di kemudian hari. Apalagi untuk para orang tua yang sejak kecil sudah memperkenalkan buah hati mereka dengan gadget dan juga dunia maya ini.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield