Belum Setahun, Google Sudah Hentikan Penjualan Pixel 4 dan 4 XL

Belum Setahun, Google Sudah Hentikan Penjualan Pixel 4 dan 4 XL

Pixel 4 dan Pixel 4 XL menjadi seri smartphone Pixel berumur terpendek. Hanya sekitar 9,5 bulan setelah dirilis pada Oktober 2019, produksi keduanya kini sudah dihentikan alias discontinued. Ini berarti umur Pixel 4 dan Pixel 4 XL tak sampai setahun dan hanya setengah dari jajaran ponsel-ponsel Pixel sebelumnya. Seri Pixel 1,2 dan 3 diketahui dijual selama 18 bulan.  Situs Google Store di Amerika Serikat sudah tidak lagi menampilkan Pixel 4 dan Pixel 4 XL.  Google menerangkan bahwa hal tersebut disebabkan karena stok kedua ponsel memang sudah habis. “Bagi pengguna yang berminat membeli kedua ponsel tersebut, mereka bisa membelinya di beberapa mitra toko selama persediaan masih ada,” kata perwakilan pihak Google.

Ponsel kelas menengah Pixel 4a yang baru diperkenalkan beberapa waktu lalu pun sekarang menjadi satu-satunya ponsel yang dijual oleh Google. Sebelumnya, penjualan Pixel 3a dan Pixel 3a XL sudah lebih dulu dihentikan. Meski sudah tidak dijual lagi, pihak Google memastikan bahwa pIxel 4 dan 4 XL masih akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak dari Google selama tiga tahun (terhitung sejak kedua ponsel tersebut meluncur). “Seperti semua perangkat Pixel, Pixel 4 (dan 4 XL) bakal terus mendapatkan pembaruan perangkat lunak dan keamanan setidaknya selama tiga tahun sejak ponsel tersebut tersedia di Google Store versi AS,” imbuh Google.

Tak diketahui kenapa Google memutuskan untuk menyetop Pixel 4 dan Pixel 4 XL.  Ada dugaan bahwa sejumlah pengguna, termasuk Google sendiri, kecewa atas performa, fitur, dan desain Pixel 4. Namun, ada juga yang mengklaim bahwa kedua ponsel tersebut disetop karena bakal ada suksesornya, yakni dan Pixel 5, yang rencananya bakal meluncur menjelang akhir tahun 2020.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield