Begini Cara Cek Kondisi Layar Smartphone Saat Bermasalah

Begini Cara Cek Kondisi Layar Smartphone Saat Bermasalah

Perangkat smartphone menjadi salah satu benda yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat saat ini. Mengingat perannya yang sangat banyak di dalam menunjang kebutuhan sehari-hari, mulai dari untuk akses informasi, komunikasi sampai dengan hiburan semuanya ada, hanya dalam satu perangkat saja. Sehingga tidak heran jika seandainya perangkat tersebut rusak atau bermasalah pastinya pemilik akan segera melakukan perbaikan bukan, sehingga kelak bisa digunakan kembali.

Sekarang ini smartphone dengan layar sentuh atau yang lebih dikenal sebagai touchscreen memang lebih diunggulkan, tanpa adanya keypad maka akan jauh lebih mudah bagi masyarakat di dalam menggunakannya. Bahkan dari tahun ke tahun kemampuannya juga semakin diperbaharui, sehingga jadi kian canggih. Tentunya tidak terlepas dari dukungan multitouch, rasio layar sampai dengan bodynya sendiri. kualitasnya jadi semakin tinggi, jika dulu layar smartphone tidak begitu sensitif, bahkan mudah mengalami kerusakan, maka sekarang ini jauh lebih diperkuat. Bahkan juga ada fiture pemindaian sidik jari untuk mendukung keamanan penggunanya.

Hanya saja juga tidak bisa dipungkiri jika layar dalam bentuk touchscreen ini juga jadi jauh lebih mudah bermasalah dibandingkan dengan layar berkeypad. Jika seandainya tidak ada respon ketika digunakan, maka dapat diketahui bahwa layar tersebut tengah bermasalah. Bahkan kerusakan yang dialami bisa sangat parah sehingga sulit untuk digunakan kembali. Berikut ini diantaranya cara untuk mengecek kondisi layar smartphone Anda secara mudah yang wajib diketahui:

  1. Sentuh seluruh permukaan layar smartphone Anda, Anda nantinya bisa mengandalkan layanan yang ditawarkan oleh Urgent.id dengan secara langsung mengunjungi situsnya.
  2. Nantinya di laman tersebut akan ada sebidang layar kosong yang warnanya adalah hitam dan harus disentuh oleh pengguna.
  3. Berikanlah ketukan pada layar berkali-kali ketika berpindah dari satu bagian ke bagian yang lainnya, lakukan secara acak namun tetap teratur.
  4. Anda juga dapat menyapu layar dari berbagai sisi, baik itu kanan ke kiri atau sebaliknya. Sapukan juga dari atas ke bawah maupun sebaliknya.
  5. Sederhana saja, ketika sudah disentuh dan bagian bidang layar tersebut berubah warnanya menjadi biru, maka menandakan bahwa kondisi bagian layar tersebut masih baik-baik saja karena bisa merespon sentuhan dari pengguna. Jika seandainya tetap hitam, maka di bagian layar tersebut sudah rusak. Karena memang tidak dapat merespon sentuhan yang sudah diberikan tersebut.

Sangat mudah untuk dilakukan bukan, sehingga tak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya sendiri di rumah. Jadi Anda bisa mendeteksi kemungkinan kerusakan pada layar smartphone tanpa harus datang ke tempat service smartphone. Adapun sebenarnya beberapa gejala yang mengindikasikan terjadinya kerusakan pada layar smartphone, diantaranya adalah:

  1. Layar LCD dari smartphone tersebut mengalami keretakan.
  2. Layar smartphone pecah.
  3. Smartphone dengan no display atau tidak memunculkan adanya aktivitas sama sekali, bahkan backlight sendiri juga tidak aktif.
  4. Terdapat garis hitam pada layar, meskipun tidak semuanya, namun terkadang ada sebagian kecil yang membuatnya tidak responsif ketika digunakan.
  5. Adanya titik hitam pada layar.
  6. Layar smartphone Anda tidak dapat disentuh, ada yang tidak dapat disentuh pada semua bagian, namun juga ada yang sebagian saja.
  7. Layar smartphone Anda tidak lagi sesensitif dulu.

Kenalilah gejala-gejala kerusakan pada layar smartphone tersebut, jika seandainya LCD yang rusak tentunya harus diganti dengan yang baru agar bisa digunakan kembali.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield