Bahaya Kecanduan Sosial Media dan Cara Mengatasinya

Bahaya Kecanduan Sosial Media dan Cara Mengatasinya

Sosial media memang tidak bisa di pisahkan oleh manusia di jaman digital seperti sekarang ini. Hal tersebut didasari memang sebagai kebutuhan untuk setiap urusan, mulai dari urusan mendapatkan informasi cepat yang ada di seluruh belahan dunia bahkan untuk belajar anak-anak sekalipun sekarang ini membutuhkan yang namanya sosial media. Kondisi tersebut tentu saja memiliki 2 sisi yang akan menjadi tanggapan dari setiap orang yang menggunakan media sosial tersebut yaitu sisi positive dan juga sisi negative yang bisa di dapatkan dengan menggunakan sosial media sehari-hari.

Untuk para orang tua yang memiliki anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah pastinya memiliki rasa yang khawatir terhadap kondisi anak mereka terutama dari sisi psikis sang anak yang bisa menjadi kecanduan terhadap sosial media yang mereka gunakan setiap waktunya. Hal tersebut sangat wajar mengingat bahwa tidak sedikit kasus mengenai anak yang masih remaja yang terlalu berlebihan tergantung dengan sosial media yang mereka miliki sehingga membuat mereka lupa makan atau lupa belajar yang membuat nilai sekolah mereka menjadi turun. Oleh sebab itu, orang tua juga harus bisa memiliki peran yang baik terhadap perkembangan yang terjadi di jaman sekarang ini yang bisa untuk memberikan pemahaman serta pengetahuan terhadap anak mengenai penggunaan sosial media dengan sikap yang wajar yang tidak akan mengganggu urusan belajar dan sekolah mereka.

Kecanduan sosial media bukan hanya akan berdampak dengan nilai sekolah yang bisa menurun, akan tetapi juga terhadap kesehatan anak tersebut. Menggunakan sosial media yang berlebihan yang tidak mengenal batas waktu tentu saja bisa membuat mata anak menjadi sakit dan akan menyebabkan gangguan dengan akhirnya menggunakan kacamata yang diakibatkan oleh radiasi yang di hasilkan oleh layer hp yang mereka lihat. Karena itulah berikut ini ada beberapa cara yang bisa untuk Anda dan para orang tua lakukan dalam menangani anak yang terlalu banyak menggunakan sosial media, antara lain sebagai berikut:

  • Berikan batas waktu untuk anak Anda di dalam menggunakan hp dan juga sosial media yang mereka punya, setidaknya dari segi waktu penggunaan untuk per harinya atau juga bisa dengan hari yang dibolehkan untuk menggunakan hp dan bermain sosial media, setidaknya di akhir pekan yang merupakan hari libur sehingga tidak akan mengganggu pelajaran mereka.
  • Awasi juga penggunaan sosial media yang mereka miliki agar tidak melihat konten yang tidak baik yang tidak sesuai dengan usia anak Anda.
  • Agar lebih mengurangi penggunaan internet dan sosial media, lebih baik jangan memasang WiFi di rumah yang akan memberikan anak keleluasaan di dalam menggunakan akses internet terutama sosial media.

Untuk menutup akses internet seperti sosial media di jaman sekarang ini memang bisa di bilang sulit yang mana hal tersebut memang menjadi kebutuhan banyak orang juga. Akan tetapi untuk mengurangi penggunaan sosial media yang tidak memiliki dan memberikan banyak manfaat tentu saja masih bisa dilakukan yang harus di mulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu agar nantinya bisa menjadi kebiasaan yang menjadi lebih baik lagi. Selain itu juga keuntungan dari berkurangnya menggunakan sosial media bisa membuat hubungan antara anggota keluarga di dalam rumah, atau teman yang sedang berkumpul menjadi lebih hangat karena tidak focus lagi dengan hp dan sosial media yang mereka miliki.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield