Awas, Aplikasi Kartu Prakerja Palsu Bertebaran di Play Store

Awas, Aplikasi Kartu Prakerja Palsu Bertebaran di Play Store

Pandemi virus Corona yang semakin mewabah di berbagai penjuru dunia ini memang menjadi masalah baru dan juga cukup pelik yang harus dituntaskan oleh pemerintah. Apalagi dengan jumlah korban jiwa yang semakin berjatuhan seperti saat ini. Turut serta menyebabkan pemerintah mengambil langkah bijak seperti dengan penerapan lockdown sampai dengan WFH. Hal semacam ini nyatanya menyebabkan masalah baru bagi dunia bisnis, banyak perusahaan yang mengalami kebangkrutan, termasuk diantaranya adalah terbentuknya banyak pengangguran baru yang jumlahnya bisa mencapai jutaan orang.

Tidak memiliki pekerjaan di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini tentunya bukan hal yang menyenangkan. Karena bisa menyebabkan angka kriminilitas juga mengalami peningkatan disini. Hal tersebut yang kemudian membuat pemerintah juga menerapkan kebijakan baru, diantaranya adalah terkait dengan pemberian kartu prakerja. Program yang satu ini sebenarnya adalah sebuah inisiatif untuk memberikan bantuan biaya pelatihan sampai dengan insentif bagi ara pekerja, pencari kerja sampai dengan para pelaku usaha mikro yang kehilangan pekerjaannya diakibatkan oleh pandemi virus Corona.

Tentunya program yang satu ini menjadi daya tarik bagi masyarakat, apalagi yang memang sudah cukup lama menganggur dan ingin segera melakukan hal baru untuk mendapatkan penghasilan. Pendaftaran program tersebut sudah berlangsung sejak tanggal 16 April 2020 lalu dengan jumlah pendaftar juga sangat tinggi. Hanya saja patut bagi Anda untuk berhati-hati, karena memang faktanya ada banyak sekali diantara aplikasi abal-abal yang bertebaran di Playstore dan juga toko aplikasi lainnya yang mencatut nama program kartu prakerja ini.

Aplikasi palsu atau abal-abal tersebut nyatanya juga sudah cukup banyak diunduh oleh masyarakat yang dibuat oleh para pengembang yang tidak jelas. Bukannya memberikan informasi mengenai cara untuk mendaftar kartu prakerja maupun yang lainnya, justru isi yang ada di dalamnya benar-benar tidak bermanfaat. Bahkan sangat mungkin nantinya aplikasi tersebut justru akan mencuri data pribadi Anda, karena ia meminta izin untuk kebutuhan mengakses kontak dan juga galeri yang dimiliki. Bahkan tak jarang diantaranya yang banyak mengandung iklan, sehingga tidak nyaman dipakai.

Aplikasi palsu atau abal-abal semacam ini tentunya beresiko sangat tinggi. Karena memang dapat memicu berbagai macam persoalan, termasuk diantaranya adalah kemungkinan skimming dan juga pencurian data bagi mereka yang mengaksesnya. Aplikasi abal-abal tersebut juga kerap kali diisi dengan adware yang akan membuat iklan lebih sering muncul. Tidak hanya menganggu, bahkan keberadaan dari iklan ini juga dapat menyedot kuota data ataupun pulsa, sehingga semakin boros.

Namun sampai sekarang ini pemerintah juga masih belum membuat aplikasi secara khusus untuk kebutuhan pendaftaran kartu prakerja tersebut. Untuk itu maka harus berhati-hati jika seandainya Anda mendownload aplikasi semacam ini dan memang tertarik untuk mendaftarkan diri. Satu-satunya cara jika seandainya Anda ingin mendaftar, maka bisa mendaftar secara resmi langsung di laman prakerja.go.id yang ada. disana nantinya akan tertera panduan atau cara bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar.

Ada banyak sekali diantara keuntungan yang nantinya bisa Anda dapatkan dengan mendaftar kartu prakerja ini, termasuk nantinya kemungkinan akan mendapatkan bantuan uang yang dapat dipakai untuk membuat usaha dan juga digunakan sebagai modal dalam mencari pekerjaan. Hanya saja memang tidak semua pendaftar yang bisa masuk seleksi ini, mengingat ada beberapa macam tahapan untuk melihat mereka yang layak mendapatkan bantuan dan tidak.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield