Android 11 Punya Fitur Mirip “Recycle Bin”

Android 11 Punya Fitur Mirip “Recycle Bin”

Sampai saat ini Android memang masih menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, mengingat memang ada banyak sekali perangkat smartphone yang bekerjasama dengan OS tersebut. Tak hanya itu, jika dilihat dari segi layanan yang diberikan juga sangatlah bagus, ditunjang dengan banyaknya fitur-fitur baru yang senantiasa disisipkan ke dalamnya. Apalagi hampir setiap tahun mereka juga senantiasa upgrade dengan mengeluarkan inovasi terbarunya. Seperti diantaranya yang paling baru saat ini adalah Android 11.

Minggu lalu Google memang baru saja merilis pembaharuan dari sistem operasi Android 11 yaitu versi beta yang dipakai oleh pengguna ponsel Pixel. Dengan hadirnya sistem operasi terbaru ini juga dilengkapi dengan keberadaan dari fitur yang baru, dimana nantinya memungkinkan pengguna untuk lebih mudah dalam menempatkan file di dalam folder atau tempat sampah khusus saat file tersebut dihapus. Jadi nantinya pengguna juga dapat memulihkan kembali file yang sudah dihapus tersebut jika diinginkan, apalagi jika seandainya tidak sengaja menghapus file yang penting dan menginginkannya kembali.

Jika dilihat fungsi dari fitur yang satu ini memang sangat mirip dengan recycle bin, yaitu tempat sampah khusus yang ada di dalam sistem operasi Windows. Hanya saja memang untuk fitur yang dikeluarkan Android versi 11 ini tidak ditampilkan secara default atau tersembunyi. Nantinya aplikasi tersebut memiliki akses editing terhadap trash yang memungkinkan untuk memperlihatkan file yang ada di dalamnya kepada pengguna. Berkas yang sudah masuk kedalam tempat sampah tersebut antinya akan disimpan da juga dapat di recover apabila belum melewati batas waktu yang telah ditentukan.

Karena jika seandainya sudah melewati jangka waktu sampai dengan 30 hari, maka secara otomatis nantinya akan dihapus permanen. Sehingga jika waktu menghapusnya belum lebih dari 30 hari, maka Anda tetap bisa memulihkan berkas yang ada tersebut. Sebenarnya memang fitur recycle bin ini sendiri sudah tersedia di dalam Android 11 versi Developer Preview, namun kemudian dimodifikasi lagi oleh Google. Pada Februari lalu pengembangnya bahkan memperlihatkan gambar mengenai cara kerjanya. Di dalam gambar tersebut terlihat Android meminta konfirmasi kepada pengguna sebelum nantinya mengirim file masuk ke folder trash. Namun dulunya batasan waktu penyimpanan juga masih 7 hari.

Pada dasarnya konsep recycle bin ini juga bukan hal yang baru lagi bagi Android. Bahkan beberapa vendor seperti diantaranya adalah Samsung sampai dengan Huawei juga lebih dulu telah mengimplementasikannya untuk file foto hingga video yang ada pada perangkat mereka. sehingga ketika dilakukan penghapusan, maka file yang dihapus tersebut tidak langsung hilang begitu saja, melainkan masuk ke folder khusus, diberikan waktu hingga 30 hari sebelum nantinya file akan dihapus secara permanen.

Android 11 ini nantinya juga akan dibekali dengan fiture untuk membubuhkan status favorite yang ada pada file media, dimana nantinya dapat diketahui oleh aplikasi yang lain, tak hanya terbatas pada Gallery saja tentunya. Jadi nantinya aplikasi tersebut dapat mengetahui file mana saja yang dianggap penting oleh penggunanya dan juga file-file yang tidak terlalu penting, sehingga akan jauh lebih mudah untuk menyaringnya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi pengguna, apalagi yang mungkin sering kali tidak sengaja menghapus file yang ada di ponsel, maka bisa dipulihkan kembali. Apalagi jika seandainya file tersebut juga penting.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield