Adobe Flash Dipastikan Pensiun Akhir Tahun Ini

Adobe Flash Dipastikan Pensiun Akhir Tahun Ini

Teknologi mempunyai perkembangan yang pesat sehingga hal tersebut membuat banyak fitur dan aplikasi terbaru yang bisa digunakan oleh konsumen, dan disisi lain juga banyak aplikasi dan fitur yang sudah tidak diproduksi lagi. Salah satu aplikasi yang tidak lagi diproduksi dari dan dipastikan akan pensiun selama-lamanya adalah Adobe Flash. Dimana aplikasi tersebut tidak akan lagi mengeluarkan update dan juga patch security untuk Adobe flash dan akan mulai pensiun pada akhir tahun yaitu 31 Desember 2020. Selain tidak ada update terbaru yang diberikan, Adobe Flash juga akan menghapus laman unduh Adobe Flash dari lamanya, sementara bagi penggunanya sendiri pihak Adobe meminta untuk menghapus Flash dari perangkatnya sebelum dari tanggal pensiun Adobe Flash.

Permintaan penghapusan tersebut karena nantinya setelah tanggal 31 Desember 2020 maka pihak Adobe tidak akan lagi mendukung Flash. Sehingga pengguna Adobe Flash sendiri diminta untuk dapat menghapus aplikasi ini secara manual yang dapat dilakukan dengan mengikuti aturan penghapusan secara manual baik bagi perangkat Windows dan juga Mac OS. Adapun bagi cara penghapusan secara manual untuk perangkat Windows bisa dilakukan dengan langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah dengan mengunduh uninstaller untuk dapat menghapus Flash Player.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan keluar terlebih dahulu dari semua program dan juga pencarian yang sedang dilakukan dengan menggunakan Flash.
  3. Selanjutnya adalah dengan menggunakan uninstaller yang telah diunduh sebelumnya. Anda bisa untuk menghapus Adobe Flash Player dengan cara memilih start, run, copy and paste, dan kemudian adalah dengan mengklik OK.
  4. Terakhir adalah dengan melakukan verifikasi penghapusan yang telah dilakukan dengan cara restart komputer dan membuka browser untuk mengecek status Flash Player.

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan Mac OS dapat untuk melakukan beberapa langkah berikut ini untuk melakukan penghapusan Flash Player secara manual.

  1. Pertama adalah dengan determine versi Mac OS yang dimiliki. Pertama adalah dengan klik ikon Apple untuk melihat versi yang dipunyai.
  2. Selanjutnya adalah dengan memilih uninstaller yang dapat untuk digunakan pada versi Mac OS yang dipunyai. Dimana nantinya setiap versi akan mempunyai uninstaller yang berbeda dan menggunakan langkah yang berbeda sesuai dengan versi Mac OS yang dipunyai.
  3. Terakhir setelah dapat uninstall Flash Player maka bisa melakukan langkah verifikasi ketika penghapusan sudah selesai dilakukan. Caranya adalah dengan restart komputer yang dipunyai dan membuka browser untuk mengecek status Flash Player.

Penghapusan Adobe Flash Player ini sendiri sudah direncanakan semenjak tiga tahun silam. Walaupun Flash Player sudah digunakan lebih dari 20 tahun dan merupakan pilihan utama untuk developer web untuk membuat berbagai macam konten seperti game, video player, dan juga aplikasi. Akan tetapi popularitas Flash tersebut menurun ketika Apple tidak mendukung platform tersebut pada produk smartphone yang dimilikinya walaupun pada tahun 2005 sendiri Flash sudah digunakan hampir semua PC yang terkoneksi ke internet.

Hal lainnya yang menyebabkan Flash Player ditinggalkan adalah karena masalah celah keamanan yang dipunyainya. Flash Player mempunyai celah keamanan yang berbahaya sehingga hal tersebut dapat dimanfaatkan hacker untuk dapat menyerang komputer atau gadget yang menggunakan aplikasi ini. Flash juga sudah tergantikan dengan berbagai aplikasi lainnya seperti HTML5, WebGL, dan juga WebAssembly yang sudah berkembang sehingga juga menjadi alternatif yang banyak digunakan dan menggeser posisi Flash Player.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield