5 Penyebab Isi Token Listrik Gagal

cara isi token listrik

5 Penyebab Isi Token Listrik Gagal

Pemakai listrik di Indonesia mencapai 68 juta pelanggan dengan pelanggan jenis prabayar atau token sudah mencapai lebih dari 40 juta pelanggan. PLN tengah berupaya merubah pelanggan pascabayar menjadi listrik prabayar.

Teknologi kelistrikan telah berkembang semakin maju, ditandai dengan meteran jenis digital yang akurat. Teknologi yang lain adalah jenis listrik prabayar menjadi solusi yang tepat bagi PLN dan pelanggan PLN, karena ada beberapa keunggulan sistem listrik prabayar ini. Salah satunya pelanggan bisa mengelola sendiri kebutuhan listrik mereka sesuai kebutuhan yang dibutuhkan sehingga dapat menjadi sarana penghematan dalam penggunaan energi listrik di rumah.

Jika merasa kurang kebutuhan listrik dirumah, pelanggan bisa membeli token listrik di Pulsagram untuk menambahkan listrik dirumahnya supaya tidak sampai terjadi pemadaman. Dalam hal ini mungkin suatu saat juga ada kendala- kendala secara teknis dilapangan ketika akan menambahkan Kwh listrik ke meteran.

Berikut beberapa kendala teknis ketika melakukan pengisian token listrik ke dalam meteran beserta solusinya.

1. Server PLN error

Tiap meteran digital PLN mempunyai ID unik yang terhubung dengan server PLN. Jika gagal isi token karena server error, kita hanya bisa menunggu saja sampai perbaikan dari PLN selesai dan server normal kembali. Setelah server normal baru kita masukkan kembali token listrik ke meteran yang ada dirumah.

Salah ID meter, ID meter bersifat unik dan token yang sudah dibeli terhubung dengan ID meter, jika salah dalam order dan hal itu dinyatakan valid oleh server maka kemungkinan token tidak bisa masuk ke ID meter. Pastikan bahwa ketika membeli token sesuai dengan ID meter agar pengisian token PLN tidak gagal.

2. Salah memasukkan kode token listrik

Nih harus hati-hati ketika memasukkan kode token ke meteran setelah kamu membeli token karena bila salah hingga tiga kali, meteran kamu akan terblokir otomatis. Jadi pastikan ketika memasukkan kode token harus benar. Perhatikan dengan baik kode token pada struk pembelian sebelum dimasukkan.

Bila meteran terblokir kamu harus segera hubungi Call 123 atau hubungi PLN terdekat untuk solusi perbaikan.

3. Meter prabayar bermasalah

Error pada meteran listrik prabayar bisa dideteksi dengan melihat layar dari meteran tersebut, jika muncul tulisan Blocked, gambar telapak tangan, tulisan Periksa, Cancel bahkan meter mati, maka sebaiknya kamu segera hubungi PLN 123 dan menjelaskan kondisi tersebut, karena jika tidak maka bisa dipastikan tidak akan pernah bisa mengisi token PLN.

4. Instalasi listrik yang buruk

Pemasangan instalasi listrik yang asal-asalan dapat menimbulkan masalah tersendiri, selain kegagalan dalam memasukkan kode token, hal ini juga bisa menimbulkan resiko yang membahayakan seperti konsleting. Jika Anda mengalami hal ini maka sebaiknya segera menghubungi petugas PLN terdekat. Lakukan perbaikan instalasi listrik dengan baik, seperti kabel yang digunakan, pemasangan grounding, menggunakan alat alat listrik yang berstandart SNI dll.

5. KwH over limit

Jika KwH yang dimasukkan melebihi batas maksimal dalam sebulan, maka token PLN akan gagal saat dimasukkan. Hal ini diterapkan PLN supaya pengguna menggunakan listrik sesuai batasan yang ada. Dengan penggunaan sesuai batasan yang ada, pengguna bisa belajar hemat.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield