5 Fitur Android 11 yang “diambil” dari iOS Artikel

5 Fitur Android 11 yang “diambil” dari iOS Artikel

  Google baru saja merilis pembaruan sistem operasi Android 11 versi beta pekan ini untuk para pengguna ponsel Pixel. Beberapa fitur baru yang Google hadirkan pada Android 11 nampaknya tak asing lagi bagi pengguna perangkat iOS. seperti yang diketahui, Kamis (11/6/2020), setidaknya terdapat lima fitur pada Android 11 yang “diambil” dari iOS, atau paling tidak bisa dibilang mirip. Lalu apa saja fitur yang dianggap serupa dengan milik iOS tersebut? Silakan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Smart Home Control.

Pada sistem operasi Android 11. Smart Home Control berfungsi untuk mempermudah akses pengguna ke fitur-fitur tertentu yang berkaitan dengan kendali rumah pintar melalui tombol daya. Fitur ini juga memudahkan pengguna untuk mengontrol perangkat Smart Home yang terhubung ke Google Home, kapan saja dan dimana saja hanya dengan melalui ponsel Android mereka. Sementara pada perangkat Apple, fitur kontrol perangkat tersebut dinamakan HomeKit yang sudah tersedia mulai iOS 10.

2. One Time Permission.

Di Android 11. Pengguna memiliki opsi agar aplikasi hanya dapat mengakses fitur tertentu seperti kamera, mikrofon, dan data lokasi sebanyak satu kali (one time), alih-alih berlaku seterusnya seperti versi Android terdahulu. Di iOS, fitur ini juga tergolong baru diimplementasikan, yakni pada iOS 13 yang dirilis pada tahun lalu.

3. Media Switching Control.

Pada Android 11. Fitur ini mempermudah pengguna untuk beralih ke output media eksternal seperti speaker bluetooth atau Google Home speaker yang akan ditampilkan melalui ikon di menu pemberitahuan drop-down pada perangkat. Fitur ini mirip seperti yang ada di perangkat Apple, yaitu AirPlay pada Control Center iOS.

4. Screenshot.

Interface Android 11 menghadirkan antarmuka screenshot yang sedikit berbeda. Apabila pengguna telah melakukan screenshot, nantinya preview hasil screenshot akan muncul di sudut bawah layar. Preview ini bisa di-tap untuk kemudian langsung di-edit atau dibagikan.  Baca juga: Viral Foto Danau Bikin Ponsel Android Crash, Inikah Sebabnya? Kemampuan dan antarmuka serupa sudah lebih dahulu hadir di perangkat-perangkat Apple mulai iOS 11

5. Screen Recording.

Fitur yang satu ini sebenarnya tidak benar-benar baru karena sudah banyak diimplementasikan oleh para vendor Android di perangkat masing-masing. Namun, Android 11 adalah versi OS pertama yang menyertakannya sebagai bawaan default sistem. Cara kerjanya di Android 11 mirip dengan di iOS. Fitur Screen Recording dipanggil dari menu Quick Settings, sementara pengguna iOS dapat mengaksesnya dari Control Center.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield