5 Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Pasca Bayar

5 Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Pasca Bayar

Listrik memang jadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang hidup di era modern, tak hanya digunakan untuk menunjang kebutuhan penerangan saja, melainkan jauh lebih dari itu. Karena segala macam perangkat elektronik yang ada saat ini ditunjang kinerjanya dengan mengandalkan listrik, misalnya adalah televisi, smartphone, laptop dan sebagainya. Jadi akan sangat sulit bagi manusia untuk hidup tanpa sumber energi tersebut. Bahkan banyak diantaranya yang rela mengeluarkan budget lebih hanya untuk menunjang kebutuhan listrik ini.

Meskipun sekarang ini kebanyakan diantara pelanggan listrik dari PLN sudah menggunakan sistem prabayar, dimana nantinya cukup dengan mengisi token baru bisa dipakai untuk menunjang berbagai macam kebutuhan listrik. Maka agak berbeda dengan mereka yang masih menggunakan sistem pascabayar, dimana memang pemakaian dilakukan di awal, baru kemudian akan terkena tagihan secara rutin setiap satu bulan sekali. Sehingga jika tidak rutin dalam pembayarannya dalam kurun waktu tertentu, maka sudah pasti ada resiko pencabutan.

Untuk melakukan pembayaran listrik pascabayar ini sendiri memang tidak bisa dilakukan secara mudah, melainkan Anda harus menggunakan ID pelanggan PLN yang dimiliki. Setiap rumah tentunya memiliki ID yang berbeda-beda. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui ID pelanggan PLN tersebut. Berikut ini diantaranya yang bisa Anda coba:

  1. Cari tahu lewat meteran, cara yang paling mudah untuk mengetahui ID pelanggan dari PLN memang bisa melalui meterannya secara langsung. Anda bisa melihatnya secara langsung dari barcode yang tertempel di bagian depan meteran tersebut. Disana ada ID yang memiliki 11 hingga 12 digit nomor. Dapat langsung di foto atau dicatat nomor ID tersebut dan digunakan pada saat akan melakukan pembayaran listrik.
  2. Lewat struck PLN, pastinya Anda sudah pernah melakukan pembayaran listrik sebelumnya bukan. Jika sudah pastinya akan mendapatkan struk tagihan lama. Nah lewat struk tersebut nantinya Anda bisa mengetahui ID pelanggan PLN yang dapat digunakan untuk pembayaran kembali, untuk itu jangan asal buang struk tersebut.
  3. Melalui struk pembayaran e-commerce, banyak orang yang sekarang ini mengandalkan transaksi pembayaran listrik online, yaitu melalui beberapa situs layaknya KlikAll, Tokopedia, Bukalapak atau yang lainnya karena jauh lebih mudah. Mereka juga akan memberikan struk tagihan listrik tersebut. Disana ada ID dari pelanggan yang hendaknya bisa Anda simpan atau catat.
  4. Lewat kartu PLN, di awal pendaftaran listrik pasca bayar untuk rumah Anda pastinya akan diberikan sebuah kartu atau ID dari nomor token listrik tersebut. Disini akan tertera nomor dalam jumlah antara 11 hingga 12 digit, tak hanya itu juga disertai dengan adanya barcode. Simpan kartu ini atau pastikan mencatat nomor ID pelanggannya.
  5. Menghubungi layanan PLN, jika sudah benar-benar lupa dengan nomor ID pelanggan Anda dan tidak memiliki struk-struk atau mungkin kartu di atas. Maka tidak perlu khawatir karena nyatanya bisa tetap mengetahui ID pelanggan Anda dengan menghubungi langsung pihak PLN lewat nomor call centernya ataupun beberapa media sosial yang memang dimilikinya.

Tanpa adanya nomor ID ini akan sangat sulit bagi Anda di dalam melakukan pembayaran tagihan listrik bulanan, untuk itu pastikan mencatatnya dengan baik atau paling tidak menjaga struk-struk lama yang akan digunakan untuk pembayaran selanjutnya. Ingat jika tidak segera dibayar terlalu lama, ada resiko nantinya PLN mencabut aliran listrik ke rumah Anda.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield