3 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer

3 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer

Ketika Anda akan membeli produk elektronik ada beberapa pertimbangan yang bisa digunakan, sehingga akhirnya mendapatkan produk yang terbaik. Salah satu pertimbangan yang bisa Anda pilih adalah dari spesifikasi yang dipunyai produk tersebut. Hal tersebut akan bisa membuat Anda memilih produk yang mempunyai spesifikasi yang Anda butuhkan dan disesuaikan dengan harganya. Memperhatikan spesifikasi tersebut juga penting ketika akan mengunduh sebuah aplikasi karena harus memperhatikan kompatibilitas gadget dengan aplikasi. Oleh karena itulah Anda perlu untuk memperhatikan spesifikasi gadget yang akan dibeli.

Akan tetapi biasanya Anda juga bisa lupa spesifikasi laptop atau komputer yang dibeli. Hal ini akan membuat Anda harus mencarinya terlebih dahulu untuk dapat mengunduh suatu aplikasi. Untuk melihat spesifikasi dari laptop dan komputer yang Anda punyai juga tergolong mudah. Dimana ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui spesifikasi secara rinci. Anda juga bisa mencari dengan mudah lewat internet untuk dapat mengetahui spesifikasi dari laptop dan komputer yang pernah dibeli. Akan tetapi untuk lebih tepat dan juga rincian spesifikasi dari laptop dan komputer yang dipunyai, Anda bisa untuk menggunakan beberapa cara mudah seperti berikut ini:

1. Menu pengaturan

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi adalah dari menu pengaturan yang ada pada komputer dan laptop yang dipunyai. Spesifikasi hardware laptop sangat mudah ditemukan sehingga akan memudahkan pencarian. Dimana untuk informasi atau rincian yang ditawarkan juga lengkap. Mulai dari informasi hardware prosesor, memori, dan juga sistem operasi yang digunakan. Anda bisa mencari spesifikasi laptop dan komputer tersebut secara mudah yaitu dengan langkah berikut ini:

  • Langkah pertama adalah dengan membuka menu pengaturan pada komputer dan laptop yang Anda punyai.
  • Selanjutnya bisa memilih opsi System dan pilih About.
  • Anda bisa melihat spesifikasi laptop atau komputer yang dipunyai.

2. . Menu sistem informasi

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk melihat spesifikasi laptop dan komputer adalah dari sistem informasi. Langkah ini akan memberikan spesifikasi yang lebih terperinci yang dibutuhkan. Dimana untuk langkahnya juga sangat mudah yaitu dengan membuka menu start pada laptop dan komputer. Selanjutnya juga masih sama yaitu dengan menulis System information pada search atau kolom pencarian. Nantinya Anda akan mendapatkan sistem informasi yang terbuka dan bisa memilih opsi System Summary yang ada di bar bagian kiri jendela. Pada bar tersebut akan mempunyai informasi lengkap mengenai processor, detail UEFI, tanggal dan mode pembaruan firmware, dan masih banyak informasi lainnya.

3. PowerShell

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengecek spesifikasi pada komputer dan laptop adalah PowerShell. Cara ini bisa untuk mengetahui spesifikasi dengan bahasa pemrograman PowerShell. Adapun untuk langkah yang digunakan adalah dengan membuka menu start. Selanjutnya bisa menulis kata PowerShell dan memilih opsi Run as administrator. Anda bisa mengetik “Get-ComputerInfo-Property “PROPERTY-NAME” dan kemudian menekan enter. Cara ini akan bisa membuat Anda mengetahui spesifikasi komputer atau laptop yang diinginkan dan lengkap.

4. Melalui DxDiag

Cara lainnya yang dapat dilakukan dan digunakan adalah melihat spesifikasi laptop dan komputer Anda dari DxDiag. Dimana cara ini mempunyai langkah mudah dengan menekan tombol Windows dan tombol R. Anda akan diarahkan ke menu dan bisa memilih Run. Ketik dxdiag dan kemudian bisa untuk menjalankannya dengan menekan OK. Informasi spesifikasi akan muncul di layar Anda dengan menjalankan langkah mudah tersebut.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield