3 Cara Menghapus Iuran Tahunan Kartu Kredit

3 Cara Menghapus Iuran Tahunan Kartu Kredit

Dewasa ini penggunaan kartu kredit sudah semakin umum sekali, bahkan setiap orang bisa memiliki lebih dari 1 jenis kartu. Tidak dipungkiri memang fungsi dari kredit card sendiri cukup banyak, salah satunya melakukan pembelanjaan terlebih dahulu tanpa perlu khawatir uang cukup atau tidak. Tetapi hal itu tidak membuat Anda bisa bebas menggunakan, jika salah saja pengontrolan kredit card bisa menyebabkan pemborosan. Tidak sedikit orang yang akhirnya kewalahan dalam membayar tagihan setiap akhir bulan akibat belanja yang kurang terkontrol.

Bukan saja tagihan yang harus dibayarkan setiap akhir atau awal bulan, tetapi pemegang kartu kredit juga sering dikenakan biaya lain dalam administrasinya. Salah satu yang dikenal dengan iuran tahunan atau annual fee. Hal itu cukup memberatkan, meskipun besar tanggungan satu jenis kartu dengan lainnya kemungkinan berbeda. Bagi Anda yang selama ini mendapatkan tagihan tersebut, pasti merasa keberatan bukan? Namun jangan khawatir, karena pada dasarnya iuran tersebut bisa dihapuskan. Lalu, seperti apa cara untuk menghapuskannya?

Sedikitnya ada 3 cara yang bisa Anda lakukan supaya terbebas dari iuran tahunan dari penggunaan kartu kredit seperti:

1. Penghapusan annual fee tanpa syarat.

Tidak sedikit bank yang akan memberikan layanan kepada Anda akan hal tersebut. Yang perlu untuk dilakukan adalah Anda harus segera hubungi call center lalu meminta untuk penghapusan tanpa syarat. Tetapi hal ini umumnya tergantung dari pemakaian pula, jika selama ini Anda bagus, rutin dan tidak pernah bermasalah. Kemungkinan besar permohonan akan disetujui.

2. Challenge pada pihak penerbit kartu kredit.

Bagi Anda yang memegang kartu kredit jenis top-tier umumnya akan lebih susah mendapatkan kesempatan penghapusan annual fee. Ada syarat dan ketentuan tertentu yang harus Anda lakukan seperti melakukan transaksi dalam jumlah tertentu ataupun lain sebagainya. Tetapi beberapa kasus ketika meminta challenge, iuran setiap tahun bisa digratiskan.

3. Mengancam menutup kartu.

Jika kedua cara yang telah dikatakan masih belum berhasil Anda lakukan, saatnya untuk menggunakan cara yang ketiga yaitu dengan mengancam melakukan penutupan kartu kredit. Jadi Anda harus menggertak pihak customer service atau bagian penutupan, umumnya akan berhasil tetapi tetap melihat beberapa kondisi lain. Berhasil atau tidak kembali lagi pada kelincahan Anda dalam bernegosiasi.

Dibalik banyaknya keuntungan memiliki kartu kredit, ternyata memang ada banyak pula hal yang membuat Anda merugi. Salah-salah dalam pemakaian, justru Anda bisa terjerat dalam hutang yang cukup besar. Dari sekian banyak hal, masalah biaya iuran setiap tahun memang cukup besar jadi memberatkan. Nah, melalui beberapa cara yang telah disebutkan diatas Anda bisa mencoba untuk meringankan beban. Tetapi langkah diatas bukan berarti menjamin keberhasilan penghapusan annual fee. Karena semuanya itu kembali lagi kepada bagaimana cara Anda bernegosiasi bersama pihak bank. Namun, tidak ada salahnya pula Anda mencoba melakukan beberapa tips yang dicontohkan seperti diatas. Perlu Anda pahami pula, selain dari sulitnya melakukan penghapusan annual fee pada kartu kredit. Bukan berarti tidak ada kesempatan Anda untuk mendapatkan fasilitas tersebut, jadi tetap perlu untuk dicoba. Namun hal lain yang perlu Anda ketahui pula adalah, ada beberapa jenis kartu kredit di Indonesia yang sama sekali tidak bisa menggratiskan iuran setiap bulan. Jadi, jika sudah seperti itu Anda harus lebih cermat seperti apa penggunaan kartu kredit. Bila memang manfaat atau benefit tidak sebanding dengan annual fee lebih baik dilakukan penutupan.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield