12 Tips Praktis untuk Mempermudah Pencarian di Google

12 Tips Praktis untuk Mempermudah Pencarian di Google

Apabila internet diibaratkan sebagai kerajaan maka yang menjadi raja adalah mesin pencarian Google. Google memang induk internet yang mempunyai banyak manfaat dan digunakan untuk mencari banyak informasi. Akan tetapi kadang Anda juga akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Oleh karena itulah bisa untuk mencoba beberapa trik berikut ini sehingga memudahkan menemukan hal yang sedang dicari di Google. Adapun tips dan trik yang bisa digunakan untuk mempermudah pencarian di Google adalah sebagai berikut ini:

  • Menggunakan tanda bintang dan kata Site

Cara pertama yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan tanda bintang. Dimana untuk fungsinya adalah dapat mencari kata yang tidak diingat. Ketika mencari kalimat misalnya ada kata yang tidak diingat. Hal tersebut akan membuat Anda susah untuk menemukan informasi yang diinginkan. Sehingga untuk memudahkannya bisa menggunakan tanda bintang atau asterisk untuk menemukan kata terlupakan dengan lebih mudah. Selanjutnya juga bisa menggunakan kata Site. Cara ini akan dapat mencari kata atau frase yang ada di situs web.

  • Menemukan situs web serupa dan mencari kata dengan kutipan

Tips selanjutnya adalah bagi Anda yang menginginkan untuk mencari situs yang serupa. Cara ini bisa menggunakan langkah dengan menuliskan “Related: nama situs”. Sehingga nantinya akan mudah untuk menunjukkan situs yang mempunyai informasi serupa dengan situs yang Anda sukai. Selanjutnya bagi Anda yang akan mencari kata tertentu juga bisa untuk menggunakan kutipan. Anda bisa menambahkan simbol kutipan pada frasa yang digunakan sehingga memudahkan pencarian dengan lebih spesifik.

Hal lainnya yang bisa digunakan untuk tips menjelajah internet adalah menggunakan tanda (-). Dimana untuk tanda tersebut dapat digunakan untuk menghindari penggunaan kata yang tidak diinginkan. Tanda pisah tersebut akan memberikan hasil pencarian kecuali dari kata yang diinginkan. Tips selanjutnya adalah bagi Anda yang ingin menemukan halaman tertentu pada situs web. Hal ini akan memudahkan pencarian menjadi lebih spesifik dan tidak banyak yang harus dijelajahi untuk menemukan tautan yang dibutuhkan.

  • Mencari gambar dan menggunakan kata “atau”

Tips selanjutnya yang Anda butuhkan adalah ketika akan mencari gambar yang tepat dan spesifik. Dimana hal ini bisa dilakukan dengan mencarinya dengan mudah lewat mengunggah gambar yang akan ditemukan. Anda bisa memilih pencairan lewat gambar untuk menemukan gambar yang tepat. Selain itu bagi Anda yang ragu ketika melakukan pencarian juga disarankan untuk dapat menggunakan kata “atau ketika mencari informasi di Google.

  • Menggunakan tanda “…” dan menggunakan “intitle:” dan inurl:”

Tips selanjutnya adalah ketika menggunakan tanda “…” atau yang disebut juga tanda elipsis. Anda bisa menggunakan tanda ini apabila ingin mencari informasi mengenai kejadian pada tahun atau jangka waktu tertentu. Sehingga tanda tersebut bisa digunakan untuk perkiraan pada kolom pencarian. Tips selanjutnya adalah menggunakan “intitle:” dan inurl: yang bisa untuk membantu menemukan kata pada situs web.

  • Menggunakan kata “Define:” dan filter penulusuran

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan kata Define apabila Anda menginginkan untuk menerjemahkan kata slang. Hal tersebut akan membuat mudah untuk menemukan pengertian dari kata atau istilah terbaru yang digunakan. Dan tips terakhir yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan filter pada pencarian di Google. Hal ini akan dapat untuk membuat Anda meningkatkan pencarian menjadi lebih efisien. Caranya adalah dengan menekan tombol tools dan pilih filter berdasarkan waktu, ukuran, gambar, ataupun bahasa.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield