10 Tips dari Kaspersky untuk Jaga Privasi Saat Internetan

10 Tips dari Kaspersky untuk Jaga Privasi Saat Internetan

Berselancar di dunia maya merupakan salah satu kegiatan yang sangat disukai oleh anak muda saat ini, karena mereka bisa dengan mudah mendapatkan hiburan, kemudian juga informasi sampai dengan melakukan transaksi jual beli lewat internet. Tidak hanya itu keberadaan internet sebenarnya juga memberikan banyak sekali kontribusi positif kepada masyarakat, khususnya adalah dalam dunia bisnis. Banyak sekali diantara pelaku bisnis yang sekarang bisa memasarkan produk dagangannya secara lebih luas menggunakan internet, tentunya pangsa pasar juga jauh lebih lebar bukan.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri jika seandainya internet ini juga banyak dijadikan sebagai media untuk melakukan tindak kejahatan. Pastinya tidak asing lagi bagi Anda terkait dengan hal yang satu ini bukan. Banyak penipuan-penipuan yang dilakukan secara online, ditambah lagi sekarang ini juga terdapat kemungkinan pencurian data pengguna internet yang dapat diperjualbelikan kepada pihak yang tidak diinginkan. Bukan hal yang tidak mungkin jika seandainya kondisi semacam ini juga akan Anda alami.

Untuk itu berikut ini diantaranya adalah tips dari Kaspersky untuk menjaga privasi Anda saat tengah internetan, yaitu:

  1. Periksalah pengaturan media sosial Anda, untuk pengguna medsos, maka wajib mengecek semua pengaturan atau privasinya. Apalagi jika seandainya ada banyak sekali data pribadi yang sebelumnya sudah Anda unggah dan memungkinkan siapa saja untuk melihatnya, begitu juga dengan nomor telepon dan sejenisnya. Untuk itu sebaiknya cek lagi bagian pengaturan atau privacy dan sesuaikan dengan kebutuhan saja.
  2. Jangan menggunakan penyimpanan umum, agar lebih aman tidak semua orang bisa melihat informasi pribadi Anda, maka ada baiknya untuk melakukan penyimpanan informasi pribadi Anda.
  3. Hindarilah pelacakan, ketika Anda tengah mengunjungi sebuah web atau blok biasanya mereka ingin meminta akses untuk melihat riwayat selancar Anda ataupun data Anda, sebaiknya jangan menerima hal ini. Anda bisa menghindarinya dengan tools tertentu yang bisa didownload di internet.
  4. Jangan pernah membagikan nomor telepon maupun alamat email secara online, baik itu lewat toko online atau situs web tertentu, karena mereka bisa dengan mudah nantinya menghubungi Anda. Jika memang diperlukan pastikan situs tersebut memberikan privacy untuk keamanan pengunjungnya.
  5. Gunakanlah aplikasi pesan yang memiliki enkripsi end to end. Ada banyak sekali aplikasi yang menyediakan layanan tersebut, sebut saja diantaranya adalah dari WhatsApp.
  6. Gunakan kaya sandi, guna melindungi informasi pribadi Anda, apalagi untuk semua aplikasi yang dipakai, maka ada baiknya menyematkan keberadaan kata sandi, sehingga lebih aman, tidak mudah diakses orang lain.
  7. Tinjaulah izin aplikasi seluler, banyak sekarang ini aplikasi dari smartphone yang memang meminta izin dari penggunanya untuk akses berbagai macam fiture, misalnya adalah kontak, file, kamera dan sejenisnya. Sehingga akan lebih aman bagi pengguna, jika seandainya tidak menghendakinya maka Anda tinggal menolak pemberian izin tersebut.
  8. Pakailah password pada komputer maupun smartphone Anda, karena memang ada banyak data pribadi di dalamnya maka akan jauh lebih aman dilindungi dengan password.
  9. Sebaiknya nonaktifkan lookscreen notification, karena jika seandainya kondisi aktif, maka sangat mungkin terjadi pengintipan obrolan lewat pop up yang muncul pada setiap notifikasi berbunyi.
  10. Hendaknya jagalah privacy saat menggunakan wifi, karena memang wifi umum biasanya sangat rentan terhadap virus dan sangat mungkin mengintip lalu lintas internet Anda.

Coba terapkan sendiri untuk keamanan Anda.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield