Bahaya di Balik Akun Netflix dan Spotify dari Penjual Tak Resmi

Bahaya di Balik Akun Netflix dan Spotify dari Penjual Tak Resmi

Belakangan ini memang semakin banyak situs yang menawarkan fasilitas untuk menonton film dan juga mendengarkan lagu secara online. Pastinya juga tak berbayar, berbeda jika seandainya Anda ingin mengakses secara premium, baru nantinya akan dikenai dengan biaya sebagai member untuk kebutuhan akses yang lebih baik. Sebut saja diantaranya adalah Netflix dan juga Spotify yang memang memberikan beragam jenis hiburan bagi penggunanya berbasis internet.

Hanya saja sekarang ini jika dilihat akun premium ini tak hanya dijual secara resmi oleh pihak perusahaan atau pemiliknya. Melainkan juga ada yang menjualnya secara ilegal atau tidak resmi, khususnya adalah lewat media sosial dan juga e-commerce. Bahkan untuk tawaran harga berlangganannya sendiri jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Anda membeli dari resminya. Sehingga tak heran jika seandainya banyak yang lebih memilih akun tidak resmi ini untuk akses, karena terkesan jauh lebih hemat biaya.

Selain dari segi harganya yang memang terbilang lebih murah, maka mereka juga tidak perlu repot-repot di dalam membuat atau memiliki kartu kredit. Karena memang sering kali kepemilikan dari kartu kredit ini menjadi salah satu syarat untuk berlangganan platform streaming tersebut. Meskipun di satu sisi terlihat menggiurkan, namun apakah Anda sudah memastikan bagaimana jaminan keamanannya? Ini yang patut untuk diketahui sehingga nantinya tidak sembarangan di dalam membeli akun premium ilegal ini.

Menurut seorang praktisi siber Vaksin.com yaitu Alfons Tanujaya, nyatanya ada bahaya tersembunyi yang sering kali tidak disadari dalam menggunakan platform streaming melalui pihak ketiga tersebut. Diantaranya adalah peluang phising yang dipakai dalam mencuri informasi penting pengguna tersebut, mulai diantaranya adalah email, username, password dan lain sebagainya. Karena di dalam pembelian ini sering kali penjual yang meminta email dan juga password dari calon pembeli tersebut yang nantinya akan dibuatkan sebuah akun baru.

Tak jarang juga diantaranya penjual yang akan langsung memberikan username dan juga password secara berkala pada pembeli tersebut, sehingga nantinya mereka juga bisa mudah log in ke akun yang sudah tersedia. Potensi yang tak kalah berbahaya dalam hal ini adalah pencurian kartu kredit atau istilahnya adalah carding. Jika seandainya akun email penggunanya tersebut sudah dicuri maka akan lebih mudah untuk mengakses data-data yang lainnya. termasuk diantaranya adalah data terkait dengan kartu kredit.

Jikapun ingin membeli maka penting sekali bagi Anda tidak asal menautkan atau mengeklik tautan, baik itu yang dikirimkan melalui email maupun yang berasal dari SMS. Karena memang tidak menutup kemungkinan jika seandainya tautan tersebut akan diarahkan untuk menjalankan malware yang tentunya dapat mengancam perangkat. Jadi salah satu bentuk yang lebih aman bagi Anda jika seandainya ingin membeli akun tidak resmi adalah secara kredensial, dimana penjual menawarkan sudah dalam bentuk username dan juga password. Ini akan jauh lebih aman.

Karena nantinya pembeli sendiri cukup memasukkan username dan juga password dari akun kredisial yang ada tersebut dan melakukan streaming sebagaimana yang diinginkan. Resikonya menjadi jauh lebih kecil terhadap tindak kejahatan. Karena jikapun di sisipi malware di dalamnya tidak akan terlalu membahayakan dan tetap bisa ditangani secara tepat. Hanya saja jauh lebih aman jika seandainya Anda mengakses menggunakan akun premium sendiri, meskipun dari segi harganya lebih mahal, namun tetap akan menjamin keamanan.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security