Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Membayar Kartu Kredit?

Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Membayar Kartu Kredit?

Saat ini sudah banyak sekali bank yang menyediakan layanan dan menerbitkan kartu kredit. Dari berbagai bank yang menerbitkan kartu kredit terdapat berbagai macam tawaran-tawaran yang menarik guna menarik nasabah dan bersedia membuka kartu kredit di bank mereka. Keadaan tersebut tidak salah dan sah-sah saja karena hal tersebut merupakan bagian dari strategi marketing.

Banyaknya tawaran-tawaran menarik yang diberikan oleh bank tentu akan membuat Anda bingung untuk memilih. Setiap tawaran yang diberikan oleh bank sudah pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Maka dari itu, Anda dituntut untuk lebih teliti dan bijak sebelum memutuskan di bank mana Anda akan membuat kartu kredit sehingga Anda akan mendapatkan tawaran-tawaran yang menarik dan tentu akan menguntungkan Anda. Meski tawaran yang diberikan menarik, tanyakan secara jelas kepada pihak bank sehingga Anda tidak akan menyesal di kemudian hari.

Apabila Anda memiliki kartu kredit dan menggunakannya untuk transaksi pembayaran, sudah pasti Anda juga memiliki tanggungan untuk membayar tagihan kartu kredit Anda tersebut setiap bulan. Nominal yang harus Anda bayarkan biasanya sudah tertera jelas di lembar penagihan atau billing statement. Di dalam lembar tagihan tersebut akan terlihat rincian transaksi yaitu pembelanjaan dan penarikan tunai serta transaksi pembayaran yang lain. Lembar penagihan tersebut biasanya dikirim oleh pihak yang menerbitkan kartu kredit sesuai dengan tanggal penagihan yang sudah tertera dengan jelas setiap bulannya.

Nah, ada beberapa hal penting yang harus perhatikan sebelum Anda melakukan pembayaran tagihan kartu kredit? Apasih pentingnya? Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan pembayaran kartu kredit:

  • Waktu pembayaran atau tanggal jatuh tempo

Tanggal jatuh tempo yang sudah tertera di lembar penagihan merupakan tanggal terakhir yang mana Anda harus sudah melunasi tagihan kartu kredit Anda dan pembayaran sudah di terima oleh pihak bank yang sudah menerbitkan kartu kredit. pembayaran tagihan kartu kredit yang Anda bayarkan ternyata melewati tanggal jatuh tempo pembayaran juga akan dikenakan bunga berjalan yang jumlahnya juga cukup besar.

  • Jumlah pembayaran yang harus dibayarkan

Setelah Anda sudah cukup jelas mengetahui tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit yang Anda miliki, jumlah pembayaran adalah salah satu hal yang juga harus Anda perhatikan dengan serius. Ada beberapa pilihan yang dapat Anda pilih, yaitu pembayaran minimum, pembayaran penuh, pembayaran cicilan tetap dan pembayaran dengan jumlah berapapun diantara jumlah minimum dan total tagihan pembayaran yang baru.

Setiap transaksi pembayaran yang menggunakan kartu kredit memang akan membuat Anda merasa praktis dan jauh lebih mudah. Anda tidak perlu lagi menyimpan uang tunai di dalam dompet yang pada dasarnya memang memiliki resiko lebih besar. Tetapi, di Bali kemudahan penggunaan kartu kredit, pada kenyataannya pembayaran dengan menggunakan kartu kredit akan menambah pengeluaran yang lebih jika Anda tidak bijak dalam menggunakannya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa pihak atau bank yang menerbitkan kartu kredit akan setiap bulannya akan memberikan tagihan terhadap Anda. Apabila Anda tidak mampu mensiasati dengan benar, tagihan kartu kredit Anda justru akan semakin membengkak dan sebagai pemilik kartu kredit Anda akan merasa rugi karena besarnya tagihan yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, sebagai orang yang memegang kartu kredit, Anda harus lebih paham dan mengerti keuntungan serta kerugian apa saja dari penggunaan kartu kredit.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security