Android 11 Go Meluncur, Dongkrak Performa Ponsel “Pas-pasan”

Android 11 Go Meluncur, Dongkrak Performa Ponsel “Pas-pasan”

Android masih menjadi sistem operasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Untuk mempertahankan reputasinya tersebut, maka perusahaan ini juga senantiasa melakukan pembaharuan atau inovasi pada produk mereka. Beberapa waktu lalu mereka meluncurkan Android 11, seperti yang diketahui bahwa setiap tahunnya memang selalu ada seri terbaru yang dirilis ke pasaran. Dengan pengembangan yang berasal dari sistem yang sudah ada sebelumnya.

Android 11 ini hadir dalam beberapa seri, diantaranya yang dikenal juga sebagai seri Go edition yang dianggap sebagai seri Android 11 yang lebih ringan. Mengapa demikian? Karena memang OS tersebut diperuntukkan bagi ponsel yang spesifikasinya pas-pasan atau termasuk dalam jenis entry level yang biasanya dijual di pasaran dengan harga yang murah. Pada seri terbaru ini Android memang lebih menitikberatkan pada performa kecepatan dari pengoperasian sebuah aplikasi.

Google mengklaim bahwa produk yang satu ini nantinya akan jauh lebih cepat 20 persen jika dibandingkan dengan seri Android 10 Go. Ia juga mendukung kapasitas RAM sampai dengan 2 GB naik dari seri sebelumnya yang hanya mendukung RAM sebesar 1,5 GB. Begitu juga dengan keberadaan dari ekstra memori sebesar 270 MB. Jadi nantinya pengguna juga dapat menjalankan 2 hingga 3 aplikasi lebih banyak pada background. Dimana seri Android Go ini juga dapat berjalan pada memori RAM 2GB hingga penyimpanan tambahan sampai dengan 900 MB.

Terdapat pula fitur baru seperti diantaranya adalah Conversation Notifications yang nantinya akan memunculkan percakapan pada area notifikasi. Sehingga nantinya tampilan pesan masuk yang ada di bagian notifikasi akan disesuaikan dengan aplikasi tersebut. Seperti email, Instagram dan juga adanya perangkat pembaharuan yang lainnya. dengan adanya fitur ini maka mampu untuk memudahkan pengguna saat berkomunikasi maupun juga membalas notifikasi yang masuk.

Bahkan Google sendiri juga membekali Android 11 Go tersebut dengan fitur keamanan baru dengan nama One Time Permission, dimana pengguna akan dibekali dengan opsi agar nantinya aplikasi tersebut hanya dapat mengakses fitur-fitur tertentu seperti diantaranya adalah kamera, mikrofon sampai dengan data lokasi sebanyak satu kali. Sehingga nantinya ponsel pengguna juga jauh lebih aman.

Sedangkan dari segi tampilan antar muka atau UI nantinya memungkinkan pengguna dapat melakukan navigasi yang ada pada layar lebih luas. Guna membuka beberapa aplikasi sekaligus dan juga untuk berpindah dari aplikasi atau halaman yang lainnya secara lebih mudah. Hanya saja sampai sekarang ini pihak dari Android juga masih belum menyebutkan mengenai ponsel apa sajakah nantinya yang akan mendapatkan porsi disebut dengan sistem operasi terbaru tersebut. Khusus untuk Android terbaru ini nantinya akan mulai dikeluarkan pada Oktober tahun 2020.

Pengguna Android sendiri tak dapat dipungkiri jika seandainya jumlahnya semakin lama jadi semakin banyak. Hal ini ditunjang dengan begitu banyaknya keunggulan yang ditawarkan, dimana Android ini memiliki dukungan banyak sekali aplikasi yang akan menunjang kemudahan masyarakat, begitu juga dari segi tampilannya yang benar-benar oke. Seri-seri terbaru yang hadir semakin kesini nyatanya juga dibuat lebih hemat daya, sehingga pengguna bisa lebih puas untuk memakainya tanpa harus berkali-kali melakukan charging. Ponsel-ponsel terbaru yang hadir di pasaran juga semakin support dengan keberadaan dari sistem operasi baru ini, jadi jika masyarakat ingin merasakannya maka bisa dengan ganti smartphone baru atau mungkin ponsel masih mendukung untuk melakukan sistem pembaharuan OS tersebut.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security