7 Jenis Penipuan di Instagram yang Wajib Kamu Kenali, Jangan Sampai Jadi Korban!

7 Jenis Penipuan di Instagram yang Wajib Kamu Kenali, Jangan Sampai Jadi Korban!

Tindak penipuan juga ikut mengikuti perkembangan zaman. Kejahatan yang dilakukan berupa penipuan, memanipulasi keadaan seolah benar-benar seperti keadaan sebenarnya. Saat ini orang menggandrungi jejaring sosial seperti instagram. Pada awalnya halaman berbagi yang dapat dilihat, hanya memuat foto-foto selfie atau beramai-ramai. Namun, semakin lama orang-orang menjadikannya sebagai media promosi. Apalagi penggunanya banyak dari kalangan artis terkenal. Oknum yang tidak bertanggung jawab ini mengambil kesempatan untuk menipu korbannya.

Instagram memang tempat promosi yang paling ampuh untuk memperkenalkan produk, sehingga banyak memperoleh keuntungan. Namun, hal yang sering terjadi adalah produk yang ditawarkan tersebut tidak pernah adanya atau fiktif. Motif yang dilakukan para cyber crime ini sangat beragam untuk merugikan orang lain. Anda tentu tidak ingin menjadi korban dari tindak kejahatan, simak beberapa hal yang dapat disadari bahwa itu adalah penipuan:

  1. Giveaway berkedok penipuan, hal ini seringkali muncul di beranda tanpa disadari. Akun yang menyebarkannya tidak jelas, tetapi masih saja ada yang percaya. Jumlah atau besaran dari hadiah yang diberikan menjadi pemicu orang-orang mengikuti keinginan dari penipu. 
  2. Jual jasa travel palsu, penipuan yang satu ini masih saja terjadi dan hampir tidak bisa dibedakan. Mana yang benar dan bukan. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah mengecek kebenaran dari travel tersebut di internet.
  3. Penawaran property fiktif, penjualan hunian yang harganya terlampau murah membuat orang-orang tertarik. Namun, keberadaan dari bangunan tidak pernah ada. Biasanya juga ada yang menawarkan orang-orang untuk menjadi reseller, sehingga di kambing hitamkan setelah kedoknya terbuka. Anda harus berhati-hati dengan janji-janji yang bernilai sangat fantastis.
  4. Pesan palsu dari pihak instagram, biasanya ada pesan masuk pada akun yang menyuruh Anda untuk mengklik yang diminta. Namun, hal itu merupakan upaya untuk sabotase akun instagram Anda. waspadalah terhadap tindakan penipuan seperti ini.
  5. Akun palsu yang memakai nama artis, sudah banyak orang yang tertipu dengan menawarkan produk yang fiktif. Setelah banyak yang mengirimkan uang, akun menjadi tidak aktif dan belum bisa dihubungi.
  6. Tawaran endorse dari produk ternama, tapi palsu. Sasaran dari penipuan ini biasanya orang-orang yang memiliki pengikut yang banyak dan merupakan seorang influencer. Hati-hati jika Anda diminta untuk mengirimkan sejumlah uang untuk proses administrasi. Hal itu merupakan sebuah kebohongan yang akan membahayakan keuangan Anda.
  7. Akun brand internasional yang membuat orang terkecoh, banyak juga orang yang sudah tertipu dengan barang-barang mahal. Padahal palsu, sebenarnya cukup mudah untuk melihat akun tersebut palsu atau tidak. Lihat di samping nama akun, apakah ada centang biru atau tidak. Jika ada berarti itu asli, tetapi sebaliknya maka akun palsu.

Anda patut mencurigai bila sebuah akun, tiba-tiba saja menghubungi dengan memberikan penawaran yang sangat tinggi. Namun, Anda diminta untuk mentransfer terlebih dahulu baru produk dikirim. Jangan mudah terkecoh dengan sebuah penawaran produk yang harganya murah. Anda harus mengecek harganya terlebih dahulu di pasaran. Telusuri terlebih dahulu akun yang menawarkan Anda menjadi seorang reseller, apalagi produk tersebut nilainya sangat tinggi. Jika hal itu sebuah penipuan Anda yang akan terkena masalah.

Bekali diri Anda dengan banyak pengetahuan dan informasi terkini. Jangan mudah percaya pada sebuah kabar hoax yang datang kepada Anda. Waspada juga pada akun-akun orang terdekat yang tiba-tiba saja meminta uang. Takutnya akun tersebut sedang diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab hanya untuk meraup keuntungan. Tanyakan langsung kepada orang yang bersangkutan, agar lebih jelas.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security